International Class of SMA Negeri 8 Jakarta (minus Survi yang lagi sakit) btw angkatan terakhir banget nih???

Arthur-Aldy-Naufal-Dzaky-Aye-Fayyadh-Ilo-G-Adream-Bayprak-abim-Darys-Dhana-Ronan-Bams-Reihan-Yoyo-Baywise-Risyad-Sica-Wiwin-Revo-Davi-Galuh-Affi-Keke-Dira-Rozan-Khobita-Athira-Qoni-Brigitta-Ode-Raisa-Sela-Anes-Mayo-Kanina-Fasya-Joey-Andien-Liya-Dhilla-Jasmine-Ayasha-Tanty-Odys

Because when ur mom is a clean freak, menyikat tudung saji segede meja makan dengan sikat GIGI (iya yang kecil itu) menjadi hal yang lumrah. Kenapa nggak pake sponge? Karena nanti kurang bersih. Sekalian aja pake sikat WC gitu yak biar efisien. Selain itu, menemukan lap (atau serbet) di tempat sampah juga hal yang lumrah, habis dipake ngelap sesuatu langsung dibuang karena katanya udah jorok (padahal bisa dicuci), berasa saudagar lap banget si emak. Oke cukup entar gue kualat, sayang mamak mwah!

Catatan Perjalanan Gunung Cikuray, Garut

SOOOOO akhirnya gue naik gunung lagi setelah “papua”, sedih aja pas ke Slamet bulan Desember nggak diizinin karena lagi natalan. Yaudahlah ya. There’ll always be the next journey. BEH songong amat gue yak. Maaf deh.  Langsung aja deh ya. Perjalanan kali ini terdiri dari 8 peserta, yaitu gue Lupi Amin Haqasya Davi Ibe Macin Apoy. Tujuan kami adalah mendaki Gunung Cikuray di Garut. Seharusnya ada Arthur Aqil Yoyok, sayangnya mereka nggak jadi ikut. Aqil karena di cepu in ****** ******* hayolo panjang kan! Heheh gadeng Ling ;) Kalo Arthur karena masalah orang tua. Kalo Yoyok nggak jelas, gue juga nggak tau dia kenapa batal ikut. Si Ibe nih naik gunung berasa mau pergi ke mall, hari H baru bilang kalo dia ikut, mana naiknya pake tas sekolah herschelnya, kurang hobo apa coba.

Kamis, 30 Januari 2014 

Pulang sekolah (di Pusdiklat) sekitar jam 16.50, gue dan para korban shift siang (Davi, Lupi, Ibe, Macin), langsung cabs ke Kremes naik Pak ****. Tanjakan Bukit Duri macet banget coy gara-gara banjir (sok tau), akhirnya pas udah di pasar kita memutuskan untuk turun dari mobil dan jalan ke Kremes sambil bawa carrier, meninggalkan Pak **** menghadapi macet yang gue yakin nggak akan selesai sampai 3 jam kedepan. Sampai di Kremes udah ada Amin Haqasya Apoy. Makan dulu deh disana sambil ganti baju dulu, soalnya masih pada pake seragam. Gue pinjem celana cargo Amin karena celana cargo gue were nowhere to be found, asli kurus banget nih orang!

Pos 0 (a.k.a rumah Dimbats)

image

Sekitar jam 8 kita jalan ke arah Stasiun Manggarai karena kendaraan (re:angkot) yang kami sewa ada di sana. Pas lewatin pertigaan rel kereta, itu bentuknya udah nggak jelas. Mobil, motor, sepeda, bajaj, semuanya melebur menjadi satu. Muka para pengendara udah tablo semua nggak ngerti mau kemana, capek mikir kayaknya. Bahkan orang mau jalan aja butuh perjuangan, dan gue pun langsung teringat kepada nasib Pak ****, dia pasti masih nyangkut di tanjakan. Akhirnya kami pun berjalan menyusuri rel kereta, since itu satu-satunya jalanan yang bisa dilewati. Setelah ketemu angkotnya, kami langsung menyusun menyusun carrier dan posisi duduk. Ibe Apoy di depan, gue Lupi Macin Davi Amin Haqasya di belakang. Keluar dari Jakarta aja butuh waktu 2 jam lebih, macetnya pol. Awalnya pada cerita-cerita, lama-lama pada tepar juga.

Jumat, 31 Januari 2014

Tidur di angkot lumayan juga ya, lumayan sakit badannya. Nendang kepala orang, jempol kaki mendarat di muka, tangan kaki ketekuk-tekuk, kepala sengklek, lengkap bro. Sekitar jam 5 pagi kami sampai di semacam rumah yang punya warung dan jualan nasi, bisa dibilang semacam basecamp bagi para penanjank Gunung Cikuray. Disitu kami sarapan, ada juga yang buang air besar (kali ini sebut saja nambang). Gue sengaja makan lumayan banyak, biar bisa langsung nambang, eh nggak berhasil juga. Hanya Apoy dan Ibe yang berhasil nambang, itupun Ibe cuman sedikit. Sekitar jam 8, kami berangkat menuju pos pemantau (pos 0) Gunung Cikuray dengan si angkot. Setelah mengisi registrasi dan menyiapkan carrier, kami pun mulai mendaki, jam 9 tepatnya. Belom ada 5 menit jalan, perut gue mulai berkontraksi, parah. Awalnya gue pengen nahan sampe besok turun, tapi karena medan yang ditempuh lumayan sulit (nggak ada hubungannya), yaitu lebih curam, gue pun harus menepi dulu dan nambang di tengah-tengah ilalang. Di perjalanan menuju pos 1, si Macin tiba-tiba jadi lemes banget terus dia muntah, untung gue bawa tolakangin. Nggak lama setelah minum tolakangin, langsung dia mimpin di depan, cepet juga nih anak transformasinya, kuli bet lagi pake baju ketekan. Setelah pos 1, medan yang dilalui lebih berat, curam banget coy nanjaknya. Lebih kerasa capeknya. Karena medan yang lebih terjal, jarak tempuh dari pos ke pos sebenarnya jadi nggak terlalu jauh.

naik gunung aja bawa fisheye, perlu banget nih besok bawa tongsis, multifungsi lumayan

image

Dari estimasi waktu tempuh 6 jam, kami berhasil tiba di pos 6 dalam waktu 4 jam yaitu jam 1 siang, hehe merasa keren.  Kami langsung membangun 2 tenda (biar kebagian tempat), satu tenda besar buat 6 cowok, dan satu tenda kecil buat gue dan Lupi, juga barang-barang. Setelah tenda selesai dipasang, Amin langsung mengambil kasur dan bantal tiup miliknya dan tidur. Enak bet yak nih orang, yang lain cengo doang liatin dia, gue ambil aja bantal tiupnya HAHAH dia nggak nyadar.

Meet Apoy dan Macin

image

lihat lebih dekat lagi, ada Amin yang sampai pos 6 langsung ngorok 

image

Our cooker, Lupi, langsung memasak karena di perjalanan tadi pada kelaperan. Gue ngapain? Ya gue bagian bikinin flysheet aja sama Haqasya biar makanannya nggak keujanan, hehe nggak bisa masak. Coba ada Aqil, si Lupi nggak bakal masak sendirian. Anyway setelah makanan jadi, tuh cowok-cowok malah pada tidur, kampret. Gue dan Lupi nggak mau makan nasi, kami selama di atas makan roti. Akhirnya makanan yang udah jadi pun disimpen dulu di tenda gue dan Lupi. Dari siang sampai sore, yang lain tidur, cuman gue Lupi Apoy Haqasya yang ngobrol-ngobrol di tenda kecil, mulai dari ceita lawakan sampe horror (lupa kalau lagi di atas gunung). Oh iya setelah kami sampai di pos 6, hujan mulai turun nggak berhenti sampai sore, sayang banget padahal mau bikin api unggun, eh kayu-kayunya malah basah.

Gue juga nggak ngerti kenapa pake jas ujan di dalem tenda

image

Sekitar jam 6, Davi bangun dan ke tenda kecil buat makan, nggak lama si Ibe juga bangun tapi dia nggak makan. Si Macin sama Amin nih di atas gunung juga tidurnya macam kebo. About 9 pm, kami semua berusaha untuk tidur, karena harus bangun jam 4 buat melihat sunrise di puncak. Sebelum tidur sempet ada pesawat lewat, yang dikira badai sama Lupi (sebenarnya kejadian ini lumayan lucu tapi gue nggak bisa menuangkannya dalam tulisan). Sekitar jam 10, udah pada tidur semua.

Sabtu, 1 Februari 2014

Tiba-tiba jam 1 malam, gue kebangun, ada badai sob, asli! Badai di atas gunung, di kota aja gue belum pernah kena badai, ini di atas gunung, seru banget! Suara anginnya kedengeran banget, mana tenda kecil gue sama Lupi rapuh, bentuknya udah lumayan nggak jelas. Awalnya gue sama Lupi masih amaze dengan badai angin itu (norak) sampai, kami melihat ke depan, yak jendela tenda kami kebuka, terpampang lah pemandangan hutan kosong pada malam hari, horror asli. Gue langsung mikir kan, kalo jendelanya kebuka, berarti cover tenda gue sama Lupi udah bukan pada tempatnya WAHH! Mana tiba-tiba sisi samping tendanya udah meletot-meletot aja, nengok ke atas eh senter yang di gantung nggak bisa diem, goyang melulu. Mulai deg-degan kan, karena horor iya, takut tenda roboh juga iya. Si Lupi bilang, “Jo, kita pindah tenda sebelah aja kalau sampe roboh.” Bener juga nih, mereka kan tidurnya kayak sarden, gue sama Lupi tinggal tidur di atasnya udah berasa kasur. Sekitar jam 2, ada suara dari tenda cowok, langsung inisiatif gue teriak “Amin! Haqasya! Amin! Haqasya! Tolong dong!” biar saja korbankan mereka ketiup angin (mt abis). Gue berharap ada yang nyaut gitu yak, lah ini kaga ada, wah songong. Badainya lumayan lama juga, sampai sekitar jam 3 atau 4, kalau kata Lupi sih gitu soalnya jam 3 gue udah tidur lagi. Jam 6 gue bangun, di tenda kecil udah ada Haqasya lagi ngobrol sama Lupi. Kata Haqasya ternyata pas dia bangun cover tenda gue sama Lupi udah nyangkut di pohon terus tendanya udah mau roboh tapi udah dia benerin. Ganteng deh, Sya. Cowok-cowok yang lain? Masih pada ngorok. Karena badai, semua pendaki di pos 6 nggak ada yang ke atas buat liat sunrise, begitu juga dengan kami. Setelah sarapan dan menyiapkan barang-barang yang mau dibawa ke atas, kami pun mulai mendaki ke atas sekitar jam 7. Perjalanan dari pos 6 ke puncak nggak terlalu jauh, sekitar 30 menit sampai satu jam. Di perjalanan ini perut gue mulai berkontraksi lagi. Sampai di puncak ternyata rame juga, bahkan ada yang ngecamp di puncak, setrong. Hal yang paling bikin semangat untuk sampai puncak malah ketutupan kabut sob, lautan awan. Sedih ya, cuaca emang lagi buruk sih. Setelah foto-foto, kami memutuskan untuk tinggal lebih lama di puncak, berharap kabutnya hilang. Ya kabutnya hilang sih, tapi cuman bertahan untuk 2 menit. Jadi ya tiap kabut hilang, semua orang heboh buat ambil foto.

nah ini nih proses menunggu kabut hilang

image

image

image

(Atas, ki-ka) Haqasya-Lupi-Joey-Davi-Apoy

(Bawah, ki-ka) Amin-Ibe-Macin

image

Gue sama Lupi memutuskan untuk turun ke camp duluan karena si cowok-cowok itu kalo turun pasti udah kayak ninja, cepet banget. Nggak lama gue dan Lupi turun, udah disusul sama mereka, bener aja kan. Sampai pos 6, kami langsung beres-beres carrier dan tenda, lalu kami turun pada jam 12. Perjalanan turun jauh lebih cepat, kami sampai di pemancar (pos pemantau) jam 2 siang. Oh iya, Ibe sempet gelinding di kebun teh. Jadi kan gue Lupi Macin udah duluan di depan, nah tinggal Ibe Davi Amin Apoy Haqasya nih, mereka potong jalan lewat kebun teh, terjal gitu, si Ibe malah lari terus nggak bisa berhenti akhirnya dia gelinding. Pas di bawah, si Ibe cerita kalau semalem tuh gue teriak-teriak, dia dengar dan udah mau bantuin tapi sayangnya nggak ngerti. Si Ibe bangunin Amin, dan Amin cuman merespon “aduh itumah nggak bisa dibenerin.” Lalu dia kembali tidur, so kampret. Tapi nggak apa-apa, Amin si kurus fix banget ketiup angin di tengah badai. Di perjalanan pulang kami mampir di rumah makan padang, ngidamnya udah dari atas nih. Kalau menurut lo makanan padang enak, lo harus nyobain makan makanan padang setelah turun gunung, nikmatnya makin-makin dah!

 muka-muka kenyang bahagiaimage

Yak sekian catatan perjalanan Gunung Cikuray, aslinya jauh lebih seru bro! Cobain sendiri aja langsung.

Tematic Project, Belitong, day 2

Hello! I am now sitting in front of the computer instead of sitting in the class at pusdiklat. No, this time is not because of my laziness (serious). I am sick due to my lack of sleep and exhausted body, i just hiked mount Cikuray and didn’t rest enough the next day. Thank God i got a fine twelve-hours sleep last night. Anyway, do you remember my writing about the first day of Tematic Peoject? Yes, the one that i wrote a year ago and haven’t continued the second day until now HAHAH! I remember i was sick when i wrote the first day, now i am sick and about to write the second day, so you might have to wait for the third day until i am sick again pfft.

The day began with us eating breakfast at the hotel and playing at the hotel’s beach.

About 8, we packing up some stuffs in our travelling bag, we were told to bring some clothes, sunglasses, sun cream, etc because we would spend the day at the islands and beaches. FUNFUNFUN!! From the hotel we headed to the shore using the bus, there we were separated into four groups. We had to use the life vest first before we got on to the boat. There were 4 boats, one for each group. When everyone was on the boat, the journey began.

It was a pleasure being on a boat together with your friends and having such a beautiful scenery, literally beautiful. You will also find many unique island at Belitong.

After about 20 minutes, we arrived at an island, which i forgot the name. Oh FYI, this island was a small island, still had many trees and less people, in fact there were no building in this island. Natural was such a perfection. In this island we were taken to the turtles and coral reefs breeding. I agreed that we have to concern about them since Indonesia is a very rich country but less people taking care of it, most of us just keep destroying it. We were taught how to cultivate and plant coral reefs, then we were also given a chance to feed the turtles and took pictures with them.

Planting coral reefs

Turtels

In the afternoon, we were taken to the other side of the island. It was a kind of shelter on the seaside where we took our lunch there. Seafood, always, heaven. The foods were displayed on the long dinner table. Fish, vegetables, shrimp, crabs, etc!! The crabs were served in a traditional Belitong dish, uh-oh deh-li-ci-ous. We also got coconut as the dessert. After we finished our lunch, we were allowed to play at the beach.

About 2 pm we were heading back to the boat then moved to another island, which i also forgot the name of it. This island was smaller and had a lighthouse on it. The lighthouse was very high, it was built when the war happened. I was excited because being on the top of a lighthouse was one of my wishlist, and yes we were allowed to be there! Let the pictures explain how beautiful it was from the top of it!

 After we went down from the lighthouse, the teachers told us to change our clothes to swimsuits. Guess what? Snorkeling time! The guides then asked us to use the snorkeling gears. We got on to the boat  and went to the snorkeling spot in the middle of the sea. We got some bread crumbs to feed the fish, therefore many fish came to us when we were snorkeling. We were also able to see the coral reef under us. Some coral reefs were big enough so we could stand on it.

Meet my arabian friend, Ahmad Yazid Harharah (Aye)

Done with the snorkeling thing, we were taken to a (very) small sand island. There was no any other thing on the island, just sand and starfishes. The guide told us that the island was only visible when the sea is in the ebb state. We were given a time to play and take photos here.

Meet my friend, Fasya Almeria Abi

Fasya and her twin. (Spot Mayo back there)

Me and Mayo just wanna have fun

About 4 or 5 pm we headed back to the main island. Playing at the sea was totally making us hungry. At the shore we were given pempek and ho tea, then we went back to the hotel. After we got ourselves clean, the dinner were served at the hotel’s beach. Candle light dinner for all of us, how not-so romantic. A stage was prepared for us, how cool. A kind of beach party was held, i guess. Well not literally a beach party, but we were having fun :)

Last but not least, meet my friend, Khobita Fara Daniella

ALAM BUTUH ANDA DAN SAYA

Dalam sebulan sekolah saya sudah kebanjiran 4 kali. Banjir pertama datang pada tanggal 13 Januari, kemudian surut dan kerja bakti membersihkan sekolah pun berlangsung. Dua hari setelahnya banjir kembali datang, beberapa hari kemudian surut dan 40 tentara dikerahkan untuk membersihkan sekolah. Pada waktu sore di hari yang sama, banjir datang lagi. Hari Minggu kemarin banjir surut dan kembali diadakan kerja bakti membersihkan sekolah, sayang sekali tadi pagi air kembali menggenangi sekolah saya. Menyedihkan, ya? Buat saya saja yang sekolahnya kebanjiran itu cukup menyedihkan, apalagi mereka yang rumahnya terendam banjir? Saya dan anda tidak bisa merasakan pahitnya akibat banjir jika belum merasakannya secara langsung. Kita mungkin memberikan rasa simpati dan empati, tetapi itu hanya akan menjadi bualan kosong saja tanpa kita melakukan aksi. Banjir hanya salah satu contoh peristiwa alam, di luar sana masih banyak lagi. Jangan dipungkiri kalau sudah banyak sekali poster dan campaign yang mengajak kita untuk menghargai alam. Bahkan tulisan semacam ini pun banyak sekali di internet. Sayangnya semua ajakan itu tidak berbanding lurus dengan realita yang kita lakukan. Sebagian dari kita secara tidak langsung menolak atau sekedar pura-pura tidak tahu.

Sebagai jiwa muda yang masih berusaha untuk mengenal dunia dan terus belajar, saya tidak akan mengatakan hal yang muluk-muluk. Saya rasa hal-hal yang akan saya tulis bukan suatu hal baru bagi anda karena selama ini sudah ada di sekitar anda. Dari hal yang paling umum dan kecil, membuang sampah pada tempatnya. Basi? No! Bahkan hal paling simple pun sangat sulit untuk dilakukan. Segerombolan anak muda berjalan menggunakan model pakaian terbaru dan barang-barang mahal dengan mudahnya membuang sampah sembarangan. Pengemudi sebuah mobil mewah yang melintas di jalan protol melempar sampah keluar jendela dengan mudahnya.  Sekolah terbaik di Jakarta berisi murid-murid cerdas namun sampah bertebaran dimana-mana. Kemana rasa malu kita sebagai manusia? Hilangkah?

Keluar dari masalah sampah masih banyak hal yang bisa kita lakukan. Membawa botol minum setiap kita pergi adalah salah satu hal kecil yang bisa kita lakukan. Selain berhemat, kita mengurangi sampah botol plastik yang menggunung. Kita juga bisa dengan mudahnya menolak kantong plastik belanjaan apabila hanya membeli 1 atau 2 item. Pernahkah terpikir oleh anda, dimulai dari hal-hal kecil tersebut kita bisa melakukan hal-hal yang besar? Pernahkah anda tergerak untuk membuat biopori di lingkungan rumah, membersihkan kali Ciliwung, atau mengikuti program penanaman pohon hutan gundul? Pernahkah anda berpikir, semakin bumi menderita maka semakin banyak manusia yang menderita? Remaja masa kini, yang nantinya akan menjadi pilar-pilar dunia, sepertinya lupa dimana mereka berada.

Hal-hal kecil dan hal-hal besar. Tidak sulit, tidak mudah juga. Semuanya tergantung kita, tergantung kemauan. Kalau tidak sekarang, mau kapan lagi? Jiwa-jiwa muda, marilah kita merubah gaya hidup kita. Memang muda hanya sekali, tetapi setelah masa muda kita juga punya masa tua di tanah yang sama. Jangan lupa kalau Bumi ini sudah terlalu lama diacuhkan, dirusak, dan dieksploitasi habis-habisan. Orang-orang yang sudah meminta banyak dari tanah ini lupa untuk memberi kembali. Layaknya kita sebagai manusia, bumi juga punya limit, suatu hari nanti hutan tidak lagi memberikan keteduhan karena semua pohonnya hilang, matahari tidak lagi memberi kehangatan melainkan panas yang menyengat kulit, air tidak lagi memberikan kesegaran karena mengandung racun dan berbagai macam zat kimia, dan saudara kita pun semakin banyak yang menderita karena semua keadaan yang saya sebutkan barusan. Manusia ingin hidup, bumi pun juga begitu, tidak hanya untuk sekarang tetapi juga untuk hidup di masa depan.

You Only Live Once

That prhase……..can either fucked your life up or brightened it up. In our young ages, most of us are using it to find happiness by doing things that we will eventually regret, then it will become your choice to use it as a lesson and make yourself a wise man or just take it as trivial. I’m not saying that i don’t do such things, well i do. As teenagers we do things that will make us feel alive, that’s normal. A friend of mine told me “you’ll never be old and wise if you never be young and wild”………..hmm the sentence might a bit different but you got it, right? Yes, ofcourse. Here’s the rule, i’m going to say my opinion about it, you may agree or disagree about it. Our minds and hearts will be the last thing that we got when everything is taken from us, right? I can say that it is right saying IF you do understand the message behind it. Let me tell you how it works: 1. Do mistakes, 2. Regret a bit (if you want to), 3. Take the lesson, 4. Don’t do the same mistake, 5. Be old and wise. Simple. Talk is easy, i know. Many people are stuck at number 2, why? Because sometimes they just have gone too far. Or they just not that tough. Or they simply don’t want to go on to number 3 so they choose to go back to number 1. One thing that we have to concern about is limitation. I believe that everything in your life will not give you any harm if you take it or do it in an appropriate quantity. It’s okay to be young and wild as long as you remember the limit, you have to be aware when you have gone too far. Many people want their lives to be meaningful, i do want, don’t you? Live in the moment, but live in the future also.